Wednesday, November 18, 2020

Rapikan Jimny Katana 2001 Ex Pemkot Balikpapan

Kali ini saya akan menceritakan dokumentasi perbaikan Suzuki Katana 2001 Ex Pemkot Balikpapan yang saat ini menjadi kendaraan harian yang saya gunakan di Kota Balikpapan.


Suzuki Katana tahun 2001 ini saya peroleh dari rekan kerja saya di Samarinda yang kerjaan sampingannya jual beli mobil, tujuan pembelian kendaraan ini tadinya untuk mendukung transportasi menuju kebun di KM 23 Balikpapan ternyata malah jadi mobil hobi yang sekarang banyak diminati masyarakat.

Perubahan yang pertama kali saya lakukan yaitu mengganti atap mobil ini yang semula dengan model jenong menjadi model trepes menggunakan atap trepes original SGP. Berdasarkan pengalaman pada Suzuki Katana sebelumnya yang pernah di trepes juga dengan memotong bagian atap aslinya, hasilnya kurang memuasakan sehingga atap wajib diganti dengan atap original SGP yang sekarang banyak dijual. 

Modifikasi body biasanya akan saya lakukan belakangan setelah pemasangan doubel dan top overhaul / perapian bagian pada mesin, tapi kali ini saya mencoba peruntungan baru untuk mulai modifikasi karena SNI dan ISO nya susah di dapat, jadi pakai jurus terkahir Minta Maaf.☺

Setelah rubahan atap, hal kedua yang dilakukan adalah melakukan penggantian Velg dan Ban. Velg menggunakan HSR Type Tokyo Series dengan ukuran 16x55 dibalut Ban Brigstone ukuran 215x70 R16 beserta pemasangan Boster Rem untuk membantu pengereman kendaraan ini yang dinilai kurang pakem remnya. Hasilnya tampilannya cukup memuaskan menurut saya, ukuran Ban dan Velg nya sesuai dengan standartnya sehingga mobil tidak perlu ditinggikan.

Selanjutnya mempercantik tampilan kendaraan dengan memberikan warna bumper menjadi warna gun metal di bagian depan dan belakang. 

 

Project rahasia yang ngak boleh sampai ketahuan orang dirumah yaitu pemasangan doubel sukses disembunyikan +- 2 mingguan  tapi akhirnya ketahuan juga. Akhirnya Suzuki Katana ini berubah menjadi Jimny sesuai dengan buku panduan manual dimana Suzuki Katana untuk penggerak roda 4x2 sedangkan Suzuki Jimny penggerak roda 4x4. 

 

Di bagian interior kondisi material jok didapat sudah kurang baik / banyak robek di beberapa bagian membuat modifikasi beralanjut ke bagian perapian jok dengan mengganti lapisan jok menggunakan bahan MBtech dengan kombinasi dua warna hitam dan abu-abu.

Stir Original yang digunakan dinilai kurang nikmat untuk digunakan diganti dengan aftermarket stir copotan original JDM yang sedap dipandang dan dinilai cukup nyaman untuk digunakan. Pastinya akan menambah kepuasan tersendiri pada saat digunakan.

Adapun biaya yang timbul untuk melakukan perbaikan dan memodifikasi beberapa bagian di Suzuki Katana Jimny ini berbanding lurus dengan kepuasan yang didapatkan. Sebaiknya SNI dan ISO lebih baik di dapatkan terlebih dahulu dari pada menjalankan trik yang ketiga Minta Maaf. Semoga berkenan salam sukses untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment