Tuesday, February 20, 2018

Ganti Kompresor AC Suzuki X-Over / SX4

Suzuki X-Over 2009 merupakan salah satu mobil yang saya impikan disaat kendaraan tersebut melintas diantara kerumunan keramaian Kota Balikpapan dan Samarinda. Panjang ceritanya kenapa saya tertarik dengan mobil tersebut, mungkin karena salah satu warnanya mengingatkan saya pada sambal botol ABC (Orange kemerahan) yang menggoda, tinggal colek.
Suzuki X-Over / SX4 Tahun 2009
Kembali ke permasalahan yang sering dialami Suzuki X-Over / SX4 yaitu begitu seringnya kompresor mobil tersebut mengalami kondisi jebol / ngorok. Hal ini menurut hemat / pendapat saya (nyontek omongan om service AC) dikarenakan posisi kompresor AC yang terlalu dekat dengan intake manifold sehingga panasnya hubungan terlarang tersebut mengakibatkan salah satu alat pendukung penyejuk udara kendaraan tersebut rentan mengalami kerusakan atau yang biasa kita sebut jebol dengan mengeluarkan suara tidak nyaman / mendenging nyaring (ngorok istilahnya). Coba saja anda tidur dengan orang yang sukanya ngorok, dijamin tidur anda pasti tidak akan nyaman.

Perawatan Berkala Diperkukan Untuk Mengganti Filter AC (Dryer Filter Freon)
Pembahasan tentang ngorok kita sudahi sampai diparagraf ke dua saja, selain kompresor ada lagi salah satu alat pendukung yang rentan rusak karena panasnya mesin Suzuki X-Over / SX4 tersebut yaitu Fan AC yang letaknya persis didepan intake manifold (sedangkan kompresor berada disamping intake manifold) yang sering mati / meleleh macem es krim tanpa diketahui pemiliknya. Hal tersebut tentu mengakibatkan kerja kompresor semakin berat dan makin hot dimana panas tersebut bisa mengakibatkan multiflayer efek terhadap rusaknya beberapa kompenen pendukung AC di mobil kita. 

Fan AC Suzuki X-Over / SX4
Dua alat tersebut saling berkaitan dan berhubungan dalam mendukung kinerja komponen AC yang dimiliki Suzuki X-Over / SX4 diluar kemalasan kita untuk melakukan perawatan berkala terhadap kompenen pendukung penyejuk udara (AC) yang dimiliki mobil kita. Apabila kita rajin melakukan perawatan berkala, kemungkinan kompresor jebol atau Fan AC mati tetap akan terjadi sesuai umur part di kendaraan anda. Yang ini seriusan, karena terkadang umur komponen kendaraan kita tidak tahu pasti kapan akan mengalami kerusakan, perawatan berkala dibutuhkan untuk memperpanjang umur komponen tersebut.

Posisi Kompresor dan Fan AC Yang Letaknya Dekat Intake Manifold
Adapun kompresor AC Suzuki X-Over / SX4 original yaitu merk Matsushita / Panasonic Type Rotary klo tidak salah *mohon maaf apabila ada kesalahana penyebutan nama dan gelar. Apabila komponen tersebut rusak dan kita ingin mengganti komponen tersebut dengan original bawaan pabrik, maka kita harus mempersiapkan dana berkisar 5 s.d 6 Juta untuk membeli komponen tersebut diluar biaya pemasangan. Sehingga pilihan lainnya bisa menggunakan kompresor merk Seiko Seiki type rotary yang juga Plug & Play dengan harganya kisaran 2 s.d 3 Juta rupiah dengan performance mesin yang rasanya tidak mengalami perubahan, sesuai kondisi asli, karena sama-sama bertype rotary.

Kompresos Seiko Seiki (Kiri / Kinclong) dan Matsushita (Kanan / Butek) 
Pilihan lain bisa menggunakan kopresor merk Denso type piston milik Suzuki AVP dengan rubahan yang tidak terlalu banyak tapi dengan konsekuensi performace mesin menjadi sedikit lebih berat tarikannya apabila AC dinyalakan. Hal tersebut lumrah dikarenakan kompresor AC yang digunakan menggunakan type piston, tidak sama dengan rekomendasi pabrik yang menggunakan kompresor type rotary. Kenapa saya bilang berat, karena kondisi rubahan ini pernah saya lakukan di Suzuki Estilo 1000 CC dengan menggunakan kompresor Xenia 1000 CC merk Denso type piston. 

Bengkel AC Buana Agung Lestari di Balikpapan (Recomended)
Perbaikan pada kompresor rotary yang rusak / jebol tidak dapat dilakukan, sedangkan type piston masih dapat dilakukan dengan memperhatikan kerusakan yang dialami / masih ada komponen yang dapat dikanibal. Pilihan ada pada kita masing-masing pemilik Suzuki X-Over / SX4 untuk mengganti komponen tersebut apabila mengalami kerusakan, semoga apa yang saya sampaikan dapat menjadi refrensi pengguna Suzuki X-Over / SX4 dalam mengambil keputusan dalam mengganti kompresor AC nya yang rusak.