Wednesday, July 15, 2015

Modifikasi Kompresor AC Suzuki Karimun New Estilo

Sabtu siang di awal bulan Juli 2015 terjadi masalah pada kompresor AC Suzuki Karimun New Estilo milik Istri yang mengeluarkan bunyi tidak sedap... Ngorok istilah para punggawa bengkel AC.

Singkat cerita keliling Balikpapan ternyata komresor AC yang dibutuhkan memerlukan waktu indent untuk dikirim dari jakarta kurang lebih 3 s.d 5 hari kerja. Hal yang tidak menyenangkan apabila harus indent padahal kendaraan digunakan untuk operasional harian, tanpa AC di siang hari di kota yang berada tidak jauh dari Garis Katulistiwa rasanya gimana gitu....

Senin subuh dengan pertimbangan sekalian ngantor saya coba ke Samarinda untuk melakukan reparasi di kota ini, ternyata hal yang sama terjadi di kota ini, kompresor musti indent dan disarankan oleh bengkel rekanan AC BERES Suzuki  untuk mengganti kompresor yang tadinya menggunakan mekanisme rotary menjadi metode piston dengan menggunakan Kompresor AC Xenia 1000 CC dengan biaya yang jauh lebih murah dari kompresor original yang gampang sekali kembali rusak.

Teknisi Melepas Kompresor Original

Kompresor Original

Mau tidak mau dan suka tidak suka akhirnya Kompresor AC nich mobil di modifikasi pada Bengkel Sentosa Teknik AC Samarinda dengan biaya yang dibutuhkan +- 4 Juta (Kompresor, Bracket & Jasa Membersihkan Komponen AC).

Bracket & Pulley Escudo

Apabila kita menggunakan Kompresor Xenia 1000 CC, komponen tambahan yang dibutukan yaitu bracket, fan belt dan mengganti pulley original dengan menggunakan pulley Suzuki Escudo hal ini dikarenakan pulley Xenia tidak berulir. Sedangkan untuk hose tidak perlu dilakukan penggantian.

Kompresor Xenia 1000 CC Terpasang

Dengan digunakannya Kompresor Xenia 1000 CC, AC tetap terasa sejuk dan sendatan yang terjadi pada saat AC menyala dan delay dirasakan tidak terasa (Kemungkinan Karena Pulley di Kompresor Lebih Besar / Pengaruh Kompresor dengan Menggunakan Piston), pada saat berkendaraan dengan AC On, mobil dirasakan menjadi sedikit lebih berat  & tarikannya berbeda dengan menggunakan kompresor tipe rotary. Untuk konsumsi BBM belum dilakukan pengetesan karena baru saja dilakukan penggantian. (Akan Ditambahkan Ulasannya)

Untuk daerah yang kesulitan spare part Suzuki dan gampang spare part Mobil Sejuta Umat tidak ada salahnya untuk mencoba memodifikasi kompresor AC Nya apabila mengalami kerusakan dengan dikerjakan oleh teknisi yang ahli dibidangnya.