Monday, April 19, 2010

Berat Bola Bowling Ideal

Berapa Berat Bola Ideal ? Apakah 14 lbs Bisa Menjadi Berat Bola Ideal ?

Berapa berat bola ideal untuk anda? Pemikiran tradisional mengatakan, jika anda bertubuh besar dan kekar maka anda akan melempar bola dengan berat 16 pound, dan jika anda bertubuh lebih kecil maka bola 15 pound menjadi pilihan anda. Jika anda pemain wanita dengan average yang biasa-biasa maka bola anda adalah 10 atau 12 pound. Jika anda wanita pemain bowling profesional, maka anda harus bermain dengan para pria dan melempar bola dengan berat 15 atau bahkan 16 pound sehingga anda bisa memukul jatuh Pin yang berat-berat itu.

Sayangnya waktu telah berubah, juga dengan teknologi bola. Bola bowling sekarang sangat baik dalam memukul jatuh pin-pin sehingga anda tidak terlalu membutuhkan bola terberat yang bisa anda mainkan. Tentunya saya membicarakan tentang bola dengan teknologi baru yang banyak tersedia di Pro Shop, bukan bola urethane/plastik. Untuk sebagian orang, bola 14 pound sekarang sebenarnya bisa memukul jatuh (carry) pin-pin lebih baik dibandingkan dengan bola dengan berat 15 atau 16 pound. Ada beberapa pemain profesional yang menurunkan bolanya menjadi 14 pound, dan saya yakin yang mengikuti ini akan bertambah banyak. Bola 15-16 pound dengan teknologi sekarang sebenarnya mempunyai kekuatan yang terlalu kuat. Mereka terkadang tidak memantulkan pin cukup baik pada saat menabrak pin. Kurangnya pantulan (deflect) ini menyebabkan sisa pin 9, 4, 8 dan bahkan 4-9 split (pemain tangan kanan) pada lemparan yang terlihat seperti pocket yang sempurna. Bertolak belakang dengan pemikiran banyak orang, bukan berat bola saja yang menjatuhkan pin tetapi kombinasi dari berbagai kekuatan serta momentum, dan yang terpenting adalah friksi antara bola dan permukaan lane. Friksi ini memberikan kekuatan pada bola lebih dahsyat dibandingkan hanya bertumpu pada berat bola. Contohnya; jika anda menempatkan oli pada lane sampai ke Pin Deck, dimana bola anda tidak mendapatkan traksi dari friksi yang ada, maka bola 16 pound akan terpental/mengambang saat mengenai pin seperti bola dengan berat 10 pound di kondisi oil lane normal. Bola 16 pound tersebut akan kesulitan untuk memukul/carry pin 5, apalagi mendapatkan strike.

Untuk kebanyakan orang, bola 14 pound adalah berat yang paling baik. Berat yang cukup untuk mendapatkan carry terbaik. Berat yang cukup untuk mengontrol bola. Berat yang cukup untuk kekuatan tubuhnya. Bola 14 pound memang bereaksi berbeda dengan bola yang lebih berat. Bola tersebut lebih mudah dikontrol untuk melempar lebih keras jika dibutuhkan. Dia juga memiliki hook yang lebih baik dari bola yang lebih berat. Ringan-nya memberikan mereka kecepatan untuk berubah arah lebih cepat. Seperti mobil sport dengan berat yang ringan bisa berbelok lebih cepat dibandingkan mobil yang lebih berat. Anda juga akan mendapatkan revs yang lebih banyak dengan menggunakan tenaga yang sama (untuk melempar bola yg lebih berat). Pertama kali anda menurunkan berat bola ke 14 pound anda akan menyisakan pin 10 cukup banyak. Itu dikarenakan anda melempar bola itu terlalu keras. Bola anda skid di oli melewati batas break point yang ideal. Yang perlu anda lakukan hanya melempar bola dengan sedikit perlahan serta beradaptasi dan anda akan mendapatkan strike anda kembali.

Jadi apa semua orang harus berganti ke bola 14 dan meninggalkan bola 15/16 anda? Tentu saja tidak. Berat bola yang ideal tergantung dari bowler tersebut. Pemain dengan speed dan rev yang tinggi menggunakan bola 16 akan kesulitan untuk turun ke 14. Pemain tersebut akan melempar bola 14 terlalu keras yang menyebabkan bola skid melewati break point yang seharusnya. Namun pemain dengan speed medium dan revs medium (kebanyakan pemain masuk dalam kategori ini) umumnya akan dapat beradaptasi dengan baik bila menggunakan bola 14. Saya mendapati pemain melempar bola 14 pound terlalu keras pada awalnya, namun setelah mereka terbiasa dengan berat yang baru, kecepatan bola mereka akan kembali seperti semula. Jika anda pemain dengan berat badan sekitar 75kg, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih dengan melempar bola 14. Dengan bola 14 pound yang secara persentase lebih kecil dibandingkan dengan berat tubuh anda, pengaruh terhadap kesalahan timing menjadi tidak terlalu kritis. Salah satu effek yang terjadi saat timing kita off, bola akan menjadi tidak sinkron dengan badan kita. Dorongan momentum bola dapat membuat anda keluar jalur. Bola dengan berat lebih ringan akan memberikan effek yang lebih minimal.

Jadi berapa berat bola ideal ? Untuk menentukannya kita harus melihat bowler tersebut, cara/style dia bermain dan kekuatan pergelangan tangannya. Jika anda tinggi besar dan menggunakan tenaga yang besar dalam melempar bola maka anda mungkin membutuhkan bola dengan berat 15/16 pound. Jika anda pemain dengan postur tubuh rata-rata dan mempunyai speed dan revs yang medium, maka 14 dapat menjadi pilihan terbaik. Pendapat saya, sebagian besar wanita seharusnya bermain dengan bola 14 atau kurang. Yang pertama kali saya lakukan untuk menemukan berat bola yang tepat adalah melihat kekuatan pergelangan tangannya. Saya akan meminta mereka untuk memegang bola dengan tangan lurus disamping (telapak tangan menghadap ke depan) tanpa memberikan tenaga pada pergelangan tangan (rileks). Lalu mereka saya minta untuk membengkokan pergelangan tangan ke muka (cup the wrist). Mereka seharusnya bisa menahan posisi tersebut dengan menghitung 1-10 secara lambat, jika tidak maka bola tersebut terlalu berat untuk dia. Ini berlaku untuk pria dan wanita. Saya sering mendapatkan pemain pria dan wanita yang menggunakan bola 15 dan 16 pound tapi tidak dapat melewati test kekuatan pergelangan tangan saya. Jika anda tidak dapat melewati test pergelangan tangan saya, maka anda tidak akan mempunyai kekuatan merelease bola yang BAIK atau mendapatkan vesatility di release anda. Saya juga mendapati para pemain Senior yang sebenarnya dapat bermain lebih baik dengan bola 14, namun mereka tetap bertahan di 15 dan 16 pount karena takut kehilangan carry. Tidak perlu takut lagi. Teknologi bola yang ada sekarang akan membantu anda.

Diterjemahkan dari "What Weight Ball ? Could 14 lbs be "Your Sweet Weight” ? Oleh Ron Clifton (Seorang Pelatih Professional).

Bermain Bowling

Bowling merupakan salah satu olahraga dengan partisipan terbanyak. Tidak mengenal batasan umur, siapa saja bisa menikmati; anak-anak, remaja, dewasa bahkan para lanjut usia.

Tidak heran kalau bowling merupakan olahraga yang digemari di hampir setiap negara di dunia ini. Konon ada 95 juta orang di dunia bermain bowling.

Di sini saya tidak akan mengupas bowling secara teknikal, tetapi hanya sebatas pengenalan bowling sebagai suatu olahraga yang kadang lebih tepat disebut dengan permainan yang mengasyikkan. Untuk bisa bermain bowling, kita harus mengunjungi tempat khusus permainan bowling, (bowling center). Permainan bowling yang satu ini dikenal dengan nama ten pin bowling, karena di sini ada 2 macam permainan bowling, yaitu 'ten pin bowl' dan 'no tap pin bowl'. Untuk membedakannya maka bowling yang kita bicarakan di sini disebut 'ten pin bowl'. Disebut demikian karena ada 10 pin yang harus kita jatuhkan dalam setiap permainan.

Apa aja sih yang kita perlukan?
  1. Setiap pemain wajib menggunakan sepatu khusus bowling yang di bagian bawahnya ada semacam kulit pelapis sol agar tidak licin dan terpeleset saat melempar bola. Kaus kaki wajib dikenakan juga.
  1. Setelah itu bola yang akan kita lempar untuk membidik pin-pin. Setiap bola ada ukuran beratnya. Di mulai dari nomor 8 hingga nomor 16 (berat 8-16 pon atau 3.6 - 7.2 kg). Di beberapa tempat permainan bowling juga disediakan bola khusus anak-anak dengan berat 6 pon. Bola bowling memiliki 3 lubang untuk meletakkan jari-jari tangan kita. Jari yang dipakai adalah ibu jari, jari tengah dan jari manis.

Kalau ingin bermain bowling just for fun saja, kita bisa menyewa semua peralatan itu di tempat permainan bowling. Lamanya sewa sebanyak berapa game yang akan kita mainkan. Untuk pemain yang lebih serius, biasanya mereka memiliki bola sendiri yang lubangnya disesuaikan dengan jarinya berikut sepatu dan sarung tangan khusus.

Areal Permainan
Areal permainan bowling disebut sebagai bowling lane, terbuat dari papan kayu yang sudah diberi semacam was agar licin. Panjangnya 60 feet (18.28m). Sekitar 15 feet dari tempat melempar bola di atas lane itu ada panah penunjuk untuk membantu kita menggelendingkan bola ke arah yang di inginkan. Di kiri kanan bowling lane ada semacam got, disebut sebagai gutters.

Untuk pemain pemula dan junior (anak-anak), di bagian kiri dan kanan bowling lane disediakan semacam bumper yang bisa ditarik untuk menahan bola supaya tidak masuk ke gutter. Sehingga bola bisa tertahan dan langsung menuju ke arah pin-pin.

Sistem Permainan
Untuk setiap game ada 10 frames, dan setiap frame-nya untuk masing-masing pemain mendapat kesempatan bermain sebanyak 2 kali. Setiap pemain diharapkan menjatuhkan sebanyak-banyaknya pin. Jika di kesempatan pertama berhasil menjatuhkan seluruh pin maka disebut STRIKE. Tetapi jika di kesempatan pertama tidak berhasil menjatuhkan seluruh pin, masih diberi kesempatan sekali lagi untuk menjatuhkan sisa pin. Jika pin jatuh semua di kesempatan kedua maka disebut sebagai SPARE.

Pemain yang berhasil mendapatkan spare dalam frame ke 10 (final frame) mendapatkan bonus satu kali untuk membidik dengan memperoleh tambahan nilainya. 3 kali strike yang dilakukan pemain secara berturut-turut disebut dengan TURKEY.

Cara Melempar Bola
Setiap orang memiliki style sendiri-sendiri dalam melempar bola. Yang jelas jika kita melempar bola dengan tangan kanan, maka saat melempar bola, kita harus menekuk kaki kiri dan membungkukkan badan, serta kaki kanan dalam posisi ke belakang, lalu lepas/lemparkan bola di atas papan (bowling lane) dan usahakan bola menggelinding kencang ke arah 10 pin di depan kita. Panah yang ada di atas lane bisa dijadikan petunjuk untuk menggelindingkan bola ke arah pin yang akan kita bidik. Setiap pemain memiliki strategi masing-masing dalam membidik pin dan panah itu sangat membantu.

Serunya bermain bowling adalah jika kita bermain dalam tim melawan tim lain. Kita bisa ajak keluarga sebagai teman satu tim atau teman-teman kita sendiri. Olok-olokan dari tim yang menang, bisa menambah serunya permainan. Begitu juga dengan teriakan gembira jika berhasil meruntuhkan seluruh pin.

Pokoknya yang harus diingat just roll the ball! Have Fun!

Thursday, April 15, 2010

Proses SIAKAD Mahasiswa Universitas Balikpapan


Profesi IT kurang dihargai di Indonesia

Dewasa ini, Teknologi Informasi (IT) di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyaknya masyarakat yang memiliki website atau blog pribadi, maraknya warnet-warnet di kota besar maupun di kota kecil, hingga banyak bermunculan lembaga pendidikan baik formal maupun non-formal yang secara khusus mempelajari bidang IT menjadi indikasi bahwa industri IT di Indonesia telah meningkat dan menjadi lahan baru untuk mencari keuntungan.

Perkembangan IT yang cukup pesat juga mendorong banyak orang saling berlomba untuk mengeruk keuntungan atau mencoba peruntungan baru dengan menguasai bidang ini, baik sebagai developer/programmer maupun bertindak sebagai pelaku bisnis IT. Hal tersebut dapat dilihat dari berkembangnya perusahaan yang memberikan jasa di bidang IT dan banyaknya lulusan IT yang dihasilkan setiap tahun oleh lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. Kondisi ini telah membuat iklim dunia IT di Indonesia menjadi tidak sehat karena setiap individu maupun organisasi ingin menjadi yang terdepan dan memperoleh keuntungan yang maksimal dengan menggunakan berbagai cara. Ini dibuktikan dengan rata-rata upah minimum yang diterima oleh seorang pekerja IT dibawah upah minimum regional.

Ironis bila melihat seorang pekerja IT memperoleh upah yang berbanding terbalik dengan kemampuan yang dimiliki. Namun inilah kenyataan yang terjadi di Indonesia. Membanjirnya tenaga ahli yang memiliki keterampilan dibidang IT, tidak adanya standarisasi dan klasifikasi keahlian IT serta pandangan masyarakat tentang IT bukan sebagai sebuah keahlian profesi namun lebih ke arah keterampilan personal merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya upah seorang pekerja IT.

Padahal jika dilihat dari sisi kemampuan, seseorang yang menjadi pekerja IT sudah pasti memiliki logika yang tinggi dan otak yang cerdas, karena hal tersebut adalah syarat yang mutlak untuk mempelajari, merancang serta membangun sebuah sistem atau aplikasi. Selain itu juga seorang programmer juga harus menguasai Akuntansi agar dapat membuat sebuah aplikasi bisnis. Dan jika dilihat dari sisi kebutuhan bisnis, IT telah menjadi bagian terpenting di setiap institusi baik menengah kebawah maupun ke atas. Dengan IT, segala sesuatu kegiatan perusahaan dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan tepat, tanpa dibatasi oleh ruang serta waktu, seperti contohnya dapat melakukan transaksi secara online tanpa harus datang ke bank. Namun hal tersebut tidak dijadikan acuan oleh masyarakat dalam menghargai seorang pekerja IT, tetapi justru karena kemudahan – kemudahan yang diberikan tersebut membuat masyarakat berpikir seorang pekerja IT hanya bertugas untuk mengoperasikannya saja tanpa harus membuat jadi sewajarnya mereka diberikan upah yang rendah. Dan pemikiran inilah yang terus berkembang di masyarakat sehingga menanamkan sebuah pandangan bahwa IT itu adalah MURAH termasuk juga tenaga kerjanya. Ironis memang jika membayangkan seorang tenaga kerja IT tak jarang harus bekerja siang dan malam melebihi jam kerja di bidang lain namun memperoleh upah yang setara atau dibawah profesi lain.

Banyak perusahaan yang memandang sebelah mata terhadap bidang IT. Mereka hanya ingin memanfaatkan pekerja IT secara maksimal dengan mewajibkan setiap staff IT untuk lembur dan menguasai beberapa sub bidang IT, namun tetap memberikan upah yang rendah. Miris melihat kenyataan tersebut, tetapi inilah yang terjadi pada saat ini dan entah sampai kapan jika pemerintah Indonesia tidak mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan ketentuan – ketentuan yang berkaitan dengan profesi IT. Apabila hal ini dibiarkan lebih lanjut, maka bukan hal yang tidak mungkin ahli IT di Indonesia akan beralih ke negara dimana IT sangat dihargai.

Tuesday, April 13, 2010

Install Windows Xp / Windows 7 Melalui Flashdisk

Buat Anda yang kesulitan saat akan menginstall windows XP / Windows 7 dengan menggunakan Flasdisk dengan metode yang Lama kini saatnya Anda beralih menggunakan metode yang mudah dengan bantuan software WinToFlash yang memudahkan kita memindahkan data source windows ke dalam Flashdisk. Adapun caranya cukup mudah :

1. Download Aplikasi Free WinToFlash pada alamat : http://wintoflash.com/download/en/
2. Setelah Aplikasi di Download kemudian ekstrak file tersebut dan jalankan file WinToFlash.exe.
3. Pilih Windows Setup Transfer Wizard.



3. Kemudian pilih Next.



4. Select (Pilih) dimana ada meletakan Source Windows XP / Windows 7 pada Windows Files Patch kemudian pilihlah USB Drive yang akan digunakan.






5. Pilih Next dan pilih I Accepted the terms of the license agreement



6. Setelah melakukan pilihan kemudian lanjutkan dengan Continue makan akan keluar pernyataan apakah mau menghapus semua data pada Flashdisk. Pilih OK



7. Silahkan membuat kopi / ngeteh / ngerokok sambil menunggu proses yang sedang berjalan.



8. Apabila proses telah selesai pilih Next.



9. All Process Now Done. Kini anda dapat menggunakan Flashdisk Anda sebagai Flasdisk Bootable.





Wednesday, April 07, 2010

Daging Enak Kok Diharamkan

Suatu hari yang cerah seorang ulama yang baru saja selesai menghadiri dialog antar pemeluk agama bergegas ingin segera pulang. Dalam perjalanan pulang ia bertemu sang pastur yang hendak ke Gereja.

Pastur: "Apakah anda selalu membaca bismilah apabila hendak melakukan sesuatu"?

Pak haji : "Iya".

Pastur : "Sebenarnya agama anda sangat mulia, anda selalu menghormati Tuhan. Tapi saya heran mengapa anda tidak mau makan daging babi padahal dagingnya sangatlah enak".

Pak haji menjawab : "Sebenarnya saya sangat ingin makan daging babi tapi agama saya melarang".

Pak pastur berkata lagi : "Sayang daging enak diharamkan".

Mendengar kata terakhir ini Pak haji agak emosi lalu bertanya kepada pak Pastur

Pak haji : "Pak Pastur mengapa anda tidak menikah"

Pak Pastur lalu menjawab "Ah itulah agama saya larangan untuk menikah".

Sambil bergegas pergi pak haji berkata "Sayang sekali pak Pastur, daging enak kok dilarang". Pak pastur "Wooo, balas nih ceritanya, jangkrik!!!***

Source: Politikana