Monday, September 20, 2010

Menilai Investasi IT dengan Val IT Framework

IT Governance Institute (ITGI), lembaga yang mengeluarkan kerangka kerja tatakelola TI, sekitar bulan April 2006 mengeluarkan kerangka kerja pelengkap yang dapat digunakan untuk mengukur nilai TI yang disebut dengan Val IT. Saat ini, Val IT berfokus pada investasi TI baru dan selanjutnya akandikembangkan hingga meliputi semua layanan dan asset TI.

Tujuan inisiatif Val IT meliputi riset, publikasi dan dukungan layanan untuk membantu manajemen memahami nilai investasi TI dan menjamin bahwa organisasi dapat memperoleh nilai optimal atas investasi TI dalam konteks biaya dan resiko yang dapat diterima.

Val IT terdiri atas pedoman, proses dan beberapa saran praktis untuk membantu pihak manajemen dan eksekutif untuk memahami dan menjalankan perannya dalam investasi TI.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari implementasi Val IT adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan pemahaman dan transparansi atas biaya, resiko, dan manfaat yang dihasilkan dari keputusan manajamen yang dilandasi oleh informasi yang memadai.
  2. Meningkatkan kemampuan memilih investasi yang memiliki potensial pengembalian manfaat terbesar.
  3. Meningkatkan kecenderungan keberhasilan dalam menjalankan investasi yang dipilih sehingga investasi tersebut dapat menghasilkan manfaat sesuai yang diharapkan.
  4. Mengurangi biaya dengan hanya mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan dan segera mengambil tindakan korektif atau menghentikan investasi yang tidak menghasilkan potensi manfaat yang diharapkan.
  5. Mengurangi resiko kegagalan, khususnya kegagalan yang beresiko tinggi.
  6. Mengurangi 'kejutan' yang berhubungan dengan biaya dan delivery TI, sehingga dapat meningkatkan nilai bisnis, mengurangi biaya yang tidak perlu dan meningkatkan kepercayaan terhadap IT secara keseluruhan.
Val IT dapat diterapkan pada investasi TI yang mendukung bisnis, keberlanjutan investasi bisnis, pertumbuhan atau transformasi bisnis dengan dukungan komponen TI yang kritikal dimana TI memberikan dukungan penuh secara end-to-end terhadap seluruh proses penciptaan nilai di perusahaan.

Secara spesifik, Val IT berfokus pada keputusan investasi (apakah kita sudah melakukan hal yang benar) dan realisasi manfaat (apakah kita mendapatkan manfaat). COBIT, sebagai salah satu control standar terhadap TI yang sudah diterima dengan luas, berfokus pada eksekusi (apakah kita sudah menjalankannya denan benar dan apakah kita sudah menyelesaikan dengan baik?).