Monday, April 19, 2010

Bermain Bowling

Bowling merupakan salah satu olahraga dengan partisipan terbanyak. Tidak mengenal batasan umur, siapa saja bisa menikmati; anak-anak, remaja, dewasa bahkan para lanjut usia.

Tidak heran kalau bowling merupakan olahraga yang digemari di hampir setiap negara di dunia ini. Konon ada 95 juta orang di dunia bermain bowling.

Di sini saya tidak akan mengupas bowling secara teknikal, tetapi hanya sebatas pengenalan bowling sebagai suatu olahraga yang kadang lebih tepat disebut dengan permainan yang mengasyikkan. Untuk bisa bermain bowling, kita harus mengunjungi tempat khusus permainan bowling, (bowling center). Permainan bowling yang satu ini dikenal dengan nama ten pin bowling, karena di sini ada 2 macam permainan bowling, yaitu 'ten pin bowl' dan 'no tap pin bowl'. Untuk membedakannya maka bowling yang kita bicarakan di sini disebut 'ten pin bowl'. Disebut demikian karena ada 10 pin yang harus kita jatuhkan dalam setiap permainan.

Apa aja sih yang kita perlukan?
  1. Setiap pemain wajib menggunakan sepatu khusus bowling yang di bagian bawahnya ada semacam kulit pelapis sol agar tidak licin dan terpeleset saat melempar bola. Kaus kaki wajib dikenakan juga.
  1. Setelah itu bola yang akan kita lempar untuk membidik pin-pin. Setiap bola ada ukuran beratnya. Di mulai dari nomor 8 hingga nomor 16 (berat 8-16 pon atau 3.6 - 7.2 kg). Di beberapa tempat permainan bowling juga disediakan bola khusus anak-anak dengan berat 6 pon. Bola bowling memiliki 3 lubang untuk meletakkan jari-jari tangan kita. Jari yang dipakai adalah ibu jari, jari tengah dan jari manis.

Kalau ingin bermain bowling just for fun saja, kita bisa menyewa semua peralatan itu di tempat permainan bowling. Lamanya sewa sebanyak berapa game yang akan kita mainkan. Untuk pemain yang lebih serius, biasanya mereka memiliki bola sendiri yang lubangnya disesuaikan dengan jarinya berikut sepatu dan sarung tangan khusus.

Areal Permainan
Areal permainan bowling disebut sebagai bowling lane, terbuat dari papan kayu yang sudah diberi semacam was agar licin. Panjangnya 60 feet (18.28m). Sekitar 15 feet dari tempat melempar bola di atas lane itu ada panah penunjuk untuk membantu kita menggelendingkan bola ke arah yang di inginkan. Di kiri kanan bowling lane ada semacam got, disebut sebagai gutters.

Untuk pemain pemula dan junior (anak-anak), di bagian kiri dan kanan bowling lane disediakan semacam bumper yang bisa ditarik untuk menahan bola supaya tidak masuk ke gutter. Sehingga bola bisa tertahan dan langsung menuju ke arah pin-pin.

Sistem Permainan
Untuk setiap game ada 10 frames, dan setiap frame-nya untuk masing-masing pemain mendapat kesempatan bermain sebanyak 2 kali. Setiap pemain diharapkan menjatuhkan sebanyak-banyaknya pin. Jika di kesempatan pertama berhasil menjatuhkan seluruh pin maka disebut STRIKE. Tetapi jika di kesempatan pertama tidak berhasil menjatuhkan seluruh pin, masih diberi kesempatan sekali lagi untuk menjatuhkan sisa pin. Jika pin jatuh semua di kesempatan kedua maka disebut sebagai SPARE.

Pemain yang berhasil mendapatkan spare dalam frame ke 10 (final frame) mendapatkan bonus satu kali untuk membidik dengan memperoleh tambahan nilainya. 3 kali strike yang dilakukan pemain secara berturut-turut disebut dengan TURKEY.

Cara Melempar Bola
Setiap orang memiliki style sendiri-sendiri dalam melempar bola. Yang jelas jika kita melempar bola dengan tangan kanan, maka saat melempar bola, kita harus menekuk kaki kiri dan membungkukkan badan, serta kaki kanan dalam posisi ke belakang, lalu lepas/lemparkan bola di atas papan (bowling lane) dan usahakan bola menggelinding kencang ke arah 10 pin di depan kita. Panah yang ada di atas lane bisa dijadikan petunjuk untuk menggelindingkan bola ke arah pin yang akan kita bidik. Setiap pemain memiliki strategi masing-masing dalam membidik pin dan panah itu sangat membantu.

Serunya bermain bowling adalah jika kita bermain dalam tim melawan tim lain. Kita bisa ajak keluarga sebagai teman satu tim atau teman-teman kita sendiri. Olok-olokan dari tim yang menang, bisa menambah serunya permainan. Begitu juga dengan teriakan gembira jika berhasil meruntuhkan seluruh pin.

Pokoknya yang harus diingat just roll the ball! Have Fun!