Monday, April 19, 2010

Berat Bola Bowling Ideal

Berapa Berat Bola Ideal ? Apakah 14 lbs Bisa Menjadi Berat Bola Ideal ?

Berapa berat bola ideal untuk anda? Pemikiran tradisional mengatakan, jika anda bertubuh besar dan kekar maka anda akan melempar bola dengan berat 16 pound, dan jika anda bertubuh lebih kecil maka bola 15 pound menjadi pilihan anda. Jika anda pemain wanita dengan average yang biasa-biasa maka bola anda adalah 10 atau 12 pound. Jika anda wanita pemain bowling profesional, maka anda harus bermain dengan para pria dan melempar bola dengan berat 15 atau bahkan 16 pound sehingga anda bisa memukul jatuh Pin yang berat-berat itu.

Sayangnya waktu telah berubah, juga dengan teknologi bola. Bola bowling sekarang sangat baik dalam memukul jatuh pin-pin sehingga anda tidak terlalu membutuhkan bola terberat yang bisa anda mainkan. Tentunya saya membicarakan tentang bola dengan teknologi baru yang banyak tersedia di Pro Shop, bukan bola urethane/plastik. Untuk sebagian orang, bola 14 pound sekarang sebenarnya bisa memukul jatuh (carry) pin-pin lebih baik dibandingkan dengan bola dengan berat 15 atau 16 pound. Ada beberapa pemain profesional yang menurunkan bolanya menjadi 14 pound, dan saya yakin yang mengikuti ini akan bertambah banyak. Bola 15-16 pound dengan teknologi sekarang sebenarnya mempunyai kekuatan yang terlalu kuat. Mereka terkadang tidak memantulkan pin cukup baik pada saat menabrak pin. Kurangnya pantulan (deflect) ini menyebabkan sisa pin 9, 4, 8 dan bahkan 4-9 split (pemain tangan kanan) pada lemparan yang terlihat seperti pocket yang sempurna. Bertolak belakang dengan pemikiran banyak orang, bukan berat bola saja yang menjatuhkan pin tetapi kombinasi dari berbagai kekuatan serta momentum, dan yang terpenting adalah friksi antara bola dan permukaan lane. Friksi ini memberikan kekuatan pada bola lebih dahsyat dibandingkan hanya bertumpu pada berat bola. Contohnya; jika anda menempatkan oli pada lane sampai ke Pin Deck, dimana bola anda tidak mendapatkan traksi dari friksi yang ada, maka bola 16 pound akan terpental/mengambang saat mengenai pin seperti bola dengan berat 10 pound di kondisi oil lane normal. Bola 16 pound tersebut akan kesulitan untuk memukul/carry pin 5, apalagi mendapatkan strike.

Untuk kebanyakan orang, bola 14 pound adalah berat yang paling baik. Berat yang cukup untuk mendapatkan carry terbaik. Berat yang cukup untuk mengontrol bola. Berat yang cukup untuk kekuatan tubuhnya. Bola 14 pound memang bereaksi berbeda dengan bola yang lebih berat. Bola tersebut lebih mudah dikontrol untuk melempar lebih keras jika dibutuhkan. Dia juga memiliki hook yang lebih baik dari bola yang lebih berat. Ringan-nya memberikan mereka kecepatan untuk berubah arah lebih cepat. Seperti mobil sport dengan berat yang ringan bisa berbelok lebih cepat dibandingkan mobil yang lebih berat. Anda juga akan mendapatkan revs yang lebih banyak dengan menggunakan tenaga yang sama (untuk melempar bola yg lebih berat). Pertama kali anda menurunkan berat bola ke 14 pound anda akan menyisakan pin 10 cukup banyak. Itu dikarenakan anda melempar bola itu terlalu keras. Bola anda skid di oli melewati batas break point yang ideal. Yang perlu anda lakukan hanya melempar bola dengan sedikit perlahan serta beradaptasi dan anda akan mendapatkan strike anda kembali.

Jadi apa semua orang harus berganti ke bola 14 dan meninggalkan bola 15/16 anda? Tentu saja tidak. Berat bola yang ideal tergantung dari bowler tersebut. Pemain dengan speed dan rev yang tinggi menggunakan bola 16 akan kesulitan untuk turun ke 14. Pemain tersebut akan melempar bola 14 terlalu keras yang menyebabkan bola skid melewati break point yang seharusnya. Namun pemain dengan speed medium dan revs medium (kebanyakan pemain masuk dalam kategori ini) umumnya akan dapat beradaptasi dengan baik bila menggunakan bola 14. Saya mendapati pemain melempar bola 14 pound terlalu keras pada awalnya, namun setelah mereka terbiasa dengan berat yang baru, kecepatan bola mereka akan kembali seperti semula. Jika anda pemain dengan berat badan sekitar 75kg, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih dengan melempar bola 14. Dengan bola 14 pound yang secara persentase lebih kecil dibandingkan dengan berat tubuh anda, pengaruh terhadap kesalahan timing menjadi tidak terlalu kritis. Salah satu effek yang terjadi saat timing kita off, bola akan menjadi tidak sinkron dengan badan kita. Dorongan momentum bola dapat membuat anda keluar jalur. Bola dengan berat lebih ringan akan memberikan effek yang lebih minimal.

Jadi berapa berat bola ideal ? Untuk menentukannya kita harus melihat bowler tersebut, cara/style dia bermain dan kekuatan pergelangan tangannya. Jika anda tinggi besar dan menggunakan tenaga yang besar dalam melempar bola maka anda mungkin membutuhkan bola dengan berat 15/16 pound. Jika anda pemain dengan postur tubuh rata-rata dan mempunyai speed dan revs yang medium, maka 14 dapat menjadi pilihan terbaik. Pendapat saya, sebagian besar wanita seharusnya bermain dengan bola 14 atau kurang. Yang pertama kali saya lakukan untuk menemukan berat bola yang tepat adalah melihat kekuatan pergelangan tangannya. Saya akan meminta mereka untuk memegang bola dengan tangan lurus disamping (telapak tangan menghadap ke depan) tanpa memberikan tenaga pada pergelangan tangan (rileks). Lalu mereka saya minta untuk membengkokan pergelangan tangan ke muka (cup the wrist). Mereka seharusnya bisa menahan posisi tersebut dengan menghitung 1-10 secara lambat, jika tidak maka bola tersebut terlalu berat untuk dia. Ini berlaku untuk pria dan wanita. Saya sering mendapatkan pemain pria dan wanita yang menggunakan bola 15 dan 16 pound tapi tidak dapat melewati test kekuatan pergelangan tangan saya. Jika anda tidak dapat melewati test pergelangan tangan saya, maka anda tidak akan mempunyai kekuatan merelease bola yang BAIK atau mendapatkan vesatility di release anda. Saya juga mendapati para pemain Senior yang sebenarnya dapat bermain lebih baik dengan bola 14, namun mereka tetap bertahan di 15 dan 16 pount karena takut kehilangan carry. Tidak perlu takut lagi. Teknologi bola yang ada sekarang akan membantu anda.

Diterjemahkan dari "What Weight Ball ? Could 14 lbs be "Your Sweet Weight” ? Oleh Ron Clifton (Seorang Pelatih Professional).